Efektifitas Teknologi Digital Dunia Pendidikan Di Era Covid-19


Seperti kita ketahui  belakangan ini corona virus disease 2019 yang disebut covid-19 masih menghantui seluruh belahan dunia di planet bumi.  Virus ini dapat ditularkan dari manusia ke manusia dan telah menyebar secara luas di berbagai negara. Berbagai sektor terhambat bahkan berhenti beroperasi disebabkan oleh wabah pendemi ini, misalkan sektor ekonomi, wisata,  pendidikan dan lain-lain.
   
Dampak mewabahnya virus ini kini juga telah dirasakan oleh dunia pendidikkan. Perguruan tinggi dan sekolah berbagai negara misalkan di China, Italia, Amerika dan termasuk Indonesia telah menutup kegiatan belajar mengajar  untuk mencegah terjadinya penyebaran virus yang lebih luas. Sektor pendidikan merupakan salah satu sektor yang terganggu kegiatannya oleh wabah virus covid-19 mengakibatkan sejumlah sekolah meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah dan Perguruan Tinggi telah melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh.

Di kampus UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi salah satunya juga merasakan hal yang sama terpaksa untuk menghentikan aktivitas belajar mengajar secara langsung untuk mendukung pemerintah memutuskan rantai penyebaran Covid-19 ini. Kegiatan belajar mengajar di kampus tidak bisa dihentikan begitu saja, mengingat pendidikkan adalah hak dari mereka dan itu menjadi ancaman mereka di masa akan datang jika pembelajaran dihentikan. Untuk memenuhi hak-hak dan kewajiban belajar mengajar di kampus dunia pendidikan agar tetap bertahan tentu memerlukan inovasi dan solusi pembelajaran yang baik dan efektif.

Untuk penyelenggaraan pembelajaran tetap efektif menggunakan teknologi digital beberapa kampus di Indonesia yang memadai infrastrukturnya tidaklah menjadi kendala misalkan Univesitas Terbuka (UT) salah satunya. Univesitas Terbuka (UT) telah lama sejak 2007 menerapkan pembelajaran dalam jaringan (daring) bahkan ada beberapa Perguruan tinggi termasuk BNN sebagai wujud ketertarikan terhadap pembelajaran daring ini, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) BNN menjalin kerjasama dengan Universitas Terbuka (UT).

Kemudian bagaimana dengan sekolah dan perguruan tinggi yang infrastruktur belum memandai untuk melakukan pembelajaran daring seperti Universitas terbuka salah satunya, apakah bisa melakukan pembelajaran menggunakan teknologi digital tetap efektif?, tentu bisa dengan memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia dan mau berinovasi.

Inovasi pembelajaran yang efektif di era covid-19 ini dapat dilakukan dengan pemanfaatan teknologi digital yang sudah ada untuk mendukung kegiatan belajar mengajar tetap efektif. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan oleh guru dan dosen  di sekolah dan perguruan tinggi yang memiliki keterbatasan infrastruktur belum mampu menyediakan sistem pembelajaran online, membutuhkan biaya yang mahal untuk membangun sistem pembelajaran online di sekolah dan perguruan tinggi masing-masing seperti Univesitas Terbuka (UT).


Namun, tidak perlu khawatir bagi guru dan dosen di sekolah dan perguruan tinggi yang belum dapat menerapkan sistem pembelajaran daring online yang infrastruktur layanan sistem dan tenaga profesional belum memadai untuk membangun sistem pembelajaran online sendiri. Guru dan Dosen di masing-masing sekolah dan perguruan tinggi dapat memanfaatkan teknologi digital yang sudah tersedia. Pembelajaran jarak jauh tetap efektif kita dapat memanfaatkan layanan yang dimiliki oleh Google dan layanan lainnya.

Teknologi digital yang ditawarkan oleh google untuk pembelajaran saat ini covid-19 diantaranya Google Classroom, Google Drive, Google Slide, Google Form dan Youtube, serta layanan lain yang dapat kita gunakan virtual  Zoom dan Any Desk. Sejumlah Aplikasi  Digital tersebut akan kita gunakan untuk pembelajaran jarak jauh tetap efektif. Sejumlah aplikasi tersebut tidak membutuhkan biaya dengan kata lain gratis.

Google Classrome dapat digunakan untuk menajemen kelas mulai dari pemberian materi ajar sampai membuat jadwal pembelajaran secara teratur, membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih produktif. Pengajar dapat membuat kelas, memberikan tugas, mengirim tugas, dan melihat semuanya di satu tempat. Google Classroom juga terintegrasi secara lancar dengan fitur Google lainnya seperti Google Dokumen dan Drive. Sedangkan Google Slide digunakan untuk membuat presentasi online untuk pembelajaran dan Google Form didesain untuk membuat soal-soal ujian online yang dapat diakses dan digunakan ujian online berbasis android. Untuk Video Pembelajaran agar dapat diakses oleh peserta didik sebaiknya upload di Youtube sehingga peserta didik mudah mengakses serta dapat mengulang-ulang pembelajaran lewat video youtube sehingga mudah dipahami atas materi yang diberikan oleh guru dan dosen.
Untuk layanan lainnya jika megharuskan pembelajaran tatap muka secara tidak langsung dapat menggunakan layanan Virtual Zoom atau Google Meeting yang mempermudah komunikasi secara langsung menggunakan video conference tersebut.  Sedangkan untuk mengkoreksi makakuliah praktikum secara online bisa gunakan aplikasi remode desktop seperti Any Desk atau sejenisnya. Aplikasi-aplikasi digital tersebut sangat mudah dan sederhana digunakan (User Friendly).
Kegiatan belajar mengajar harus tataplah berjalan dengan efektif mengingat pendemi ini terus berlangsung hingga kini. Kita tidak tahu sampai kapan wabah ini berakhir yang bisa kita lakukan adalah  bagaimana kita dapat memberi inovasi terbaru untuk melawan pendemi ini. Pendidikan adalah sangat penting tidak bisa kita hentikan begitu saja. Pendidikan adalah nafas utama untuk generasi masa depan yang lebih cerdas dan dapat meneruskan generasi sekarang.
“Belajar memang tidak selalu mudah, ini saatnya bagi kita untuk berinovasi, bereksperimen dan lebih mendengarkan hati nurani kita”. (Nadiem Anwar Makarim)

Di era pendemi covid-19 menuju New Normal, New Spirit tentu kita harus lebih semangat untuk melakukan kegitan belajar mengajar dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada.

Dampak yang paling dikhawatirkan adalah efek jangka panjang. Sebab para siswa dan mahasiswa secara otomatis akan merasakan keterlambatan dalam proses pendidikan yang dijalaninya jika kita sebagai pengajar, guru dan dosen tidak dapat mendesain pembelajaran yang efektif dengan baik menggunakan teknolgi digital maka akan merugikan peserta didik kita. Suka tidak suka mau tidak mau kita harus bergerak untuk tetap melakukan pengajaran tetap efektif dengan inovasi menggunakan teknologi digital tersebut.

Dengan pembelajaran yang efektif menggunakan teknologi digital akan berdampak baik untuk keberlangsungn kegiatan belajar mengajar di sekolah dan perguruan tinggi dan mampu mengurangi stres siswa dan mahasiswa serta mampu memberikan efek positif untuk melawan covid-19.

Guru dan dosen merupakan ujung tombak utama dalam dunia pendidikan harus mampu memberi pembelajaran terbaik dengan cara penggunaan teknologi digital yang tersedia, terutama untuk sekolah dan perguruan tinggi sistem dan tenaga profesional belum memadai untuk mengembangkan sistem IT sendiri. Silakan manfaatkan teknologi digital yang sudah ada dan sosialisasikan.


Ditulis Oleh: Efitra, M.Kom ( Dosen Fakultas Saintek UIN STS Jambi )
Artikel ini telah diterbitkan sebelumnya di media catak Harian Jambi Ekpres, 04 JULI 2020 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama