Kritik, Saran dan Pesan Mahasiswa Belajar Online Era Pendemi Covid-19, Mahasiswa Maunya Apa ?

Assalamu'alaikum, wr.wb. 

Terimakasih sudah mengikuti pembalajaran semester ini dan terimakasih sangat atas kesediannya dengan sepenuh hati telah memberi kritik, pesan dan saran dengan apa adanya. Tujuannya adalah untuk evaluasi diri mengembangkan proses belajar dan mengajar yang lebih baik, aktif, kreatif dan semangat ke depannya khusus pribadi saya sendiri maupun bagi sahabat seprofesi yang membaca tulisan ini, barang kali ada manfaat yang bisa diambil setiap kritikan, saran dan pesan dari para mahasiswa dalam kegiatan pengalaman belajar dalam suasana pendemi Covid-19 ini.

Note: Nama para mahasiswa dirahaziakan, kritik, pesan dan saran murni tidak di tambahkan dan dikurangi

Berikut kritik, saran dan pesan dari para mahasiswa semuanya semester ini dosen pengampu Efitra, M.Kom Mata Kuliah Basis Data Semester Genap 2021 :

Mahasiswa Z 

"Saran saya tetap menjadi dosen yang humoris dan mencairkan suasana kelas pak hehe"

Mahasiswa A

Assalamualaikum wr.wb 

Pak efitra dosen terrrroke menurut saya, no komen buat pak efitra the best ever. 

Terima kasih pak telah memberikan saya ilmu yang bermanfaat dan bukan sekedar nilai.

Terimakasih atas motivasi motivasi yang selalu bapak berikan. 

Cara mengajar bapak sudah baik tapi alangkah baiknya bapak buat video terus pak. Karena saya sangat menunggu bapak upload materi melalui video yang saya ulangi terus sampai saya paham.

Menurut saya bapak adalah dosen yang menarik dapat berbaur dengan mahasiswa seakan akan menjadi teman, jadi kami dapat dengan mudah menerima pelajaran dari bapak. Terima kasih pak. Pak efitra cara mengajarnya selow tapi sangat disiplin dan mengharapkan mahasiswa yang diajarkan paham, membawa mahasiswanya belajar dengan enjoy dan mengikuti arus yang mengalir, bapak juga memancing semangat kompetisi mahasiswa disaat belajar, seperti memberi bintang tiap siapa  yang berhasil mengerjakan tantangan ataupun bertanya dikolom komentar, , dimana itu salah satu cara yang baik untuk pendekatan dosen terhadap mawasiswa dan membangun kelas yang aktif. 

Kesan saya bapak ini orangnya sangat baik walaupun terlihat tegas tapi aslinnya baik banget, mudah diajak bercanda, dan pesan dari saya pertahankanlah sifat seperti ini karena menyenangkan pak, apalagi jika kelas offline sepertinya lebih menyenangkan.

Menurut saya bapak memberikan metode belajar yang sangat baik sehingga mahasiswa dapat mudah mengerti dan tidak bosan belajar daring seperti sekarang ini. Apalagi metode belajar bapak upload video youtube yang sangat saya tunggu-tunggu. Dalam penyampaian materi sangat baik dan menyenangkan belajar matkul Basis data ini, contoh-contoh yang sesuai di setiap materinya dan praktek-praktek yang selalu dikoreksi jika terjadi kesalahan dan bapak terus memberikan semangat dan motivasi dan selalu berpikir pasti bisa, serta sensi humor dari bapak yang dapat membangkitkan daya pikir mahasiswa sehingga tidak membosankan. thank you bapak…

Saya berharap bapak bisa meningkatkan lagi cara mengajarnya tetapi bapak baik dan saya mengerti belajar sama bapak.

Cara mengajarnya sangat interaktif dan mudah di mengerti. Mata kuliah yang paling menyenangkan dan paling ditunggu-tunggu karena ilmu ini sangat bermanfaat banget dikemudian hari, yang mungkin saya akan gunakan untuk membuat aplikasi yang dibutuhkan.

Kesan : Dapat satu bintang dari bapak itu sangat membanggakan hehehe saya senang sekali,

Pesan : Sehat selalu pak, semoga ketemu sama bapak lagi disemester berikutnya pas belajar offline.Tingkatkan kinerja bapak, dan lebih semangat lagi dalam memberikan materi

Tidak ada kritik pak, soalnya bapak bagus dan baik dalam mengajar membuat mahasiswa lebih aktif.

Terima kasih Pak selama semester 1 ini telah membagi sebagian ilmu bapak kepada saya dan kami semua. Dan saya meminta maaf jika mempunyai salah kepada bapak. Sekali lagi terima kasih bapak. 

Wassalamualaikum wr.wb

Mahasiswa B

Luar biasa, dalam pembelajaran sedang berlangsung beliau membuat suasana kelas semakin hangat dan damai, beliau selalu memberikan motivasi yang bermakna untuk mahasiswanya dan sangat peduli kepada mahasiswanya, dosen terfavorit semoga kedepannya akan jauh lebih baik lagi.

Mahasiswa C

Saya tidak tahu apa yang bisa saya berikan kepada bapak sebagai saran dari saya alasannya sudah terjawab dengan pilihan diatas mungkin hanya kata "pertahankan terus seperti ini" mungkin hanya kata itu yang bisa saya berikan.

Lalu kritik dari saya tidak ada dengan kata lain bapak adalah dosen yang perfect,terbaik terima kasih telah membimbing kami selama 1 semester ini.

Terima kasih banyak pak🙏

Mahasiswa D

Menurut saya, sistem pembelajaran yang saya rasakan di mata kuliah basis data dengan pak Efitra cukup menyenangkan tapi tetap fokus dan patut dipertahankan khususnya saat kondisi online seperti ini. media pembelajaran yang bervariasi membuat mahasiswa tidak lagi memiliki alaasan untuk malas. selain mengajar materi, bapak juga menanamkan sikap jujur, disiplin, dan semangat pada mahasiswanya, sifat humoris bapak membuat mahasiswa tidak terlalu kaku ketika berinteraksi saat kelas berlangsung. Menurut saya itulah yang menjadi nilai plus pada sistem pembelajaran bapak ini yang harus dipertahankan. Semoga bapak selalu sehat dan sukses untuk kedepannya. Terima kasih atas semua ilmu yang sudah bapak berikan. Semoga menjadi ladang amal untuk bapak dan bermanfaat untuk kita semua... Aamiin.... 

Mahasiswa E

Bapak sudah sangat bagus dalam mengajar dan memotivasi mahasiswa supaya menjadi orang yang jujur , bijaksana dan menjadi orang yang sukses.

Mahasiswa F

Selama satu semester bapak mengajar kami, bukan hanya memberikan ilmu tapi juga motivasi-motivasi yang membangun semangat kami. Banyak pelajaran yang bisa saya dapatkan bukan hanya ilmunya tapi juga kedisiplinan, kejujuran, dan masih banyak lagi. Semoga apa yang bapak ajarkan kepada kami semua (mahasiswa) dapat menjadi ilmu yang bermanfaat dan menjadi berkah. Saya ucapkan terima kasih banyak pak. Semoga bapak diberikan kesehatan, rezeki yang lancar dan dilancar kan segala urusan nya oleh Allah SWT.

Mahasiswa G

Tidak ada kritikan, karena untuk proses belajar mengajar bapak sangat baik apalagi saya sendiri harus ada motivasi terlebih dahulu agar semangat melakukan sesuatu. Dan akhirnya ketemu dengan dosen seperti bapak Masya Allah sehat selalu bapak dan keluarga.  Dosen yang selalu mengajarkan kejujuran, dan harus percaya diri:) semangat terus pak dan jangan pernah bosan untuk memberikan kami semua motivasi. Karena motivasi dan apa yang bapak sampaikan sangat mempengaruhi sekali:)

Mahasiswa H

Saya suka dengan cara bapak mengajar, apalagi tentang penilaian bintang. Semoga cara seperti itu terus dipakai di mata kuliah bapak. Terimakasih pak atas ilmunya. 

Mahasiswa I

Assalamualaikum wr wb pak saran dari saya sebelum nya saya minta maaf atas sebeesar besarnya kpd bapak jika saya pernah membuat hati seorang guru tidak enak saya meminta maat 🙏 saran daru saya bapak bagus dalam mengajar +Konsisten +Pokoknya pertahanin pak asyik soalnya Sekian wassalammualaikum wr wb 🙏

Mahasiswa J

Kritik saya : Tingkatkan kinerja bapak dan lebih semangat lagi dalam memberikan materi.

Mahasiswa K

Terimakasih pak atas ilmu dan dedikasi yang diberikan kepada saya, saya sungguh memotivasi saya untuk berproses dengan berusaha menjadi yang terbaik, lebih baik lagi dari sebelumnya, bahkan menjadi orang baik.

Saya juga memohon maaf pak, apabila ada kesalahan dan kekeliruan saya selama mengikuti perkuliahan bapak. Semoga bapak di berikan panjang umur dan sehat selalu. Aamiin.

Mahasiswa L

Sebuah pengalaman yang luar biasa diajar oleh bapak, seorang yang pengertian terhadap mahasiswanya, seorang yang tegas dan disiplin, baik dalam membangun kelas dengan candaan. Saya berharap kedepannya bapak bisa mengajar dengan lebih baik lagi.

Mahasiswa M

Semangat

Mahasiswa N

Alhamdulillah bapak sudah mengajarkan dan mendidik kami dengan baik dan penuh kasih sayang seperti sudah dianggap anak sendiri, semoga apa yang di ajarkan dan nasehat-nasehat yang bapak berikan kepada kami bermanfaat dunia dan akhirat. Semangat terus pak dalam mengajar hehe. Semoga bapak beserta keluarga di beri kesehatan. Terimakasih bapak. 

Mahasiswa O

Semoga kedepannya bapak (lebih) inovatif lagi dalam sistem mengajar pak. Semangat pak hihi.

Mahasiswa P

Semangat untuk bapak,  Jgn pernah lelah menghadapi mahasiswa seperti kami :)

Mahasiswa Q

Bapak kurang humoris , semuga bapak sehat" selalu di beri panjang umum.  Itu saja pak kalo semua bapak good job pak.  🙏🙏😊😊

Mahasiswa R

Jangan biarkan kritik mematahkan semangat. Justru dengan kritik, kita bisa selalu belajar dan siap menghadapi masalah.

Mahasiswa S

Semoga kedepannya semakin lebih baik lagi, untuk yang sudah-sudah dijadikan sebagai pelajaran hidup dan tidak mengulangi hal yang sama lagi.sehat selalu pak🙏

Mahasiswa V

Tetap seperti ini pak menjadi pribadi yang tegas, disiplin,humoris Dan rendah hati. Terimakasih sudah mengajar kami 1 semester ya pak maaf jika saya ada salah sukses selalu pak!

Mahasiswa W

Saya suka sama matkul ini.alhamdulilah bisa paham dengan apa yg di ajarkan bapak . terimakasih bapak🙏

Mahasiswa X

Terimakasih pak, untuk satu semester ini atas ilmunya, kebaikannya, semuanya. Pengalaman luar biasa bisa belajar bersama bapak. Maaf pak untuk saran dan kritik tidak banyak, semoga bapak tetap mempertahankan metode mengajar bapak seperti ini dan mungkin lebih ditingkatkan lagi. Cara bapak mengajar asik juga penuh tantangan dan semangat. Walau kadang kami sedikit susah untuk memahami nya. Baiklah saya kira cukup sekian pak, terimakasih untuk motivasi yang selalu diberikan, untuk semangat yang selalu bapak tunjukkan. Semoga sukses dan berkah selalu ya bapak beserta kami semua. Aamiin...

Mahasiswa Y

Mohon maaf sebelumnya pak, saran dari kami sebaik ny selalu meng-upload video YouTube ny pak, agar kami kedepankan bisa belajar lgi dengan bpak walau hanya lewat YouTube bapak,  dan sering sering mengunggah Vidio-Vidio menarik  khususnya dalam dunia pendidikan dan kemajuan zaman, terimakasih bapak atas waktu selama satu semester Kamren, banyak ilmu dan pengalaman yg bapak berikan. Semoga apa yang bapak berikan bisa bermanfaat bagi kami dunia dan akhirat, kmi  doa kan bapak selalu dipermudah kan segala urusan ny oleh Allah SWT, terimakasih bapak.

Mahasiswa Z1

Penyampaian materi dari bapak sangat baik dan mudah di mengerti. Tugas yang bapak berikan setelah memberi materi agar mendapat bintang sangat menyenangkan dan menambah semangat di saat belajar. Terima Kasih atas ilmu dan motivasi yang bapak berikan dan  saya minta maaf atas kesalahan saya  selama proses pembelajaran , sehat selalu pak.

Mahasiswa Z2

Saya suka ketika bapak menceritakan tentang karir yang memotivasi kami dan metode penilaian dengan bintang . wah menarik sekali cara bapak mengajar dan memberikan kuliah.

Pesan tetap jadi dosen yang menginspirasi dan dekat dengan mahasiswanya. maju terus pak Gaada kritik , Bagus ngajarnya pa membuat mahasiswa aktif.

Mahasiswa Z3

Saya sangat senang belajar basis data karena dosenya sangat tegas dan baik hati.

Mahasiswa Z4

Semoga kedepannya bisa membuat sistem perkuliahan yang mudah untuk dipahami dan mengikuti perkembangan zaman.

Mahasiswa Z5
Semangat untuk bapak... 
Semoga bapak lebih sabar menghadapi kelakuan mahasiswa sama sekarang 

Mahasiswa Z6
Semoga ilmu yang telah di diberikan dapat bermanfaat bagi kami semua.
Terimakasih banyak bapak

Mahasiswa Z7
Terimakasih banyak untuk semester ini pak semoga kita ketemu di semester selanjutnya aamiin.

Mahasiswa Z8
Tetap menjadi yang terbaik.

Mahasiswa Z9
Terimakasih atas apa yang bapak berikan.

Mahasiswa Z10
Terimakasih.

Mahasiswa Z11
Saya sebagai salah satu mahasiswa bapak merasa sangat beruntung bisa menjadi murid bapak, Saya banyak mendapatkan motivasi berharga dari bapak, terimakasih kasih atas ilmu yang sudah di ajarkan ke saya semoga bisa sangat bermanfaat bagi saya dan bermanfaat bagi sesama.

Demekianlah kritik, saran dan pesan dari para mahasiswa untuk evaluasi diri dosen dalam kegiatan belajar mangajar saat ini, semoga kedepan bisa menjadi jauh lebih baik lagi aktif, kreatif dan inovatif dalam membangun suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan dapat diterima dan dipahami oleh mahasiswa kita semua. salam sukses, sehat dan bahagia selalu. Terimkasih dan Semoga Manfaat.

Adapun Metode yang diajarkan dalam suasana kondisi pendemi saat ini yaitu dengan metode digitalisasi dan penerapan yang efektif yang mampu menghidupkan suasana group kelas tetap hidup sepertti belajar secara langsung tatap muka. 

Kunjungi Metode Pengajaran:
Intraktif Melalui Chanel Youtube Kami : #CeritaDosen
Penugasan dan Meteri Melalui Website : www.ceritadosen.com
Manajemen Kelas Melalui elearning Spidol
Diskusi dan Kuiz Cepat melalui Group Kelas T
elegram  & Zoomeeting



By. Efitra, M.Kom (Dosen Sistem Informasi FST UIN Jambi)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama