Membangun Channel Pendidikan di YouTube Sebagai Fasilitas Profesi Dosen, Guru dan Siswa Era Digitalisasi

Membangun Channel Pendidikan di Youtube Sebagai Fasilitas Profesi Guru dan Dosen Era Digitalisasi

Oleh: Efitra, M.Kom
(Dosen Sistem Informasi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)

A. Pendahuluan

Memiliki Channel YouTube pribadi khususnya Dosen dan Guru suatu kebanggaan tersendiri untuk berbagi ide, gasasan dan informasi melalui video dengan tujuan memberi manfaat bagi peserta didik khususnya dan masyarakat luas umumnya serta dapat berkontribusi membangun dan memperbanyak konten-konten pendidikan di dunia internet sehingga membantu mencerdakan anak bangsa. 

Dosen dan Guru saat ini di era digitalisasi  di masa pendemi diharuskan melakukan inovasi dan kreatifitas. Salah satunya membangun channel Youtube sendiri sebagai fasilitas profesi dalam melaksanakan tugas utamanya. 

YouTube merupakan media sosial saat ini menjadi trend dan kebutuhan. Menurut data WeareSocial (2021), Youtube menempati urutan pertama untuk kategori media sosial yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Hal ini juga dapat menjadi peluang sekaligus tantangan bagi dunia pendidikan khususnya Dosen dan Guru untuk memanfaatkan media YouTube dalam menghadapi situasi saat ini, apalagi saat pedemi covid-19 kita belajar mengajar semuanya melalu online.

Dosen dan Guru sudah mestinya di zaman digitalisasi era pendemi ini untuk menjalankan aktivitasnya dalam tugas utama melakukan pengajaran, salah satunya yang diinginkan oleh siswa/mahasiswa adalah Dosen dan Guru mampu menyediakan materi-materi pembelajaran menggunakan video di channel youtube.

Tujuan Memiliki Channel Youtube dunia pendidikan Guru dan Dosen:

  1. Sebagai fasilitas profesi Guru dan Dosen untuk berkontribusi mencerdaskan peserta didik dan sharing pengetahuan lainnya. 
  2. Sebagai wadah edukasi pengembangan media pembelajaran yang fleksibel mudah dijangkau sesuai perkembangan teknologi dan informasi. 
  3. Meningkatkan produktifitas sebagai Content Creator mendukung aktivitas profesi yang dijalankan. 

Manfaat Channel Youtube dunia pendidikan Guru dan Dosen:

  1. Fasilitas sharing gratis
  2. Jangkauan luas tak terbatas
  3. Mengasah kemampuan Digital Skill
  4. Menghemat Kouta Data 
  5. Fleksibe (dapat ditonton kapan saja & berulang-ulang) 
  6. Sumber penghasilan tambahan, dll







B. Cara Membuat Channel Youtube Guru dan Dosen

Langkah pertama ketika seseorang ingin membangun Channel di Youtube untuk fasilitas berbagi dan berkontribusi menjadi Content Creator menggunakan video, maka perlu terlebih dahulu menyiapakan Tema dan Judul Konten apa yang akan kita bangun dalam Channel Youtube tersebut. 

Adapun langkah-langkah untuk membuat channel youtube Guru dan Dosen yaitu:

  1. Buka Situs www.google.com
  2. Login menggunakan email yang sudah ada atau Siapkan Akun Google Terlebih dahulu https://www.google.com/intl/id/account/about/
  3. Setelah itu langsung kunjungi www.youtube.com , maka otomatis atau login akun youtube kita siap digunakakan.
  4. Silahkan pilih Ikon Propil kita lalu klik Buat Channel



  5. Silahkan boleh ganti foto Profil Channel dan tulis Nama Channel Youtubenya, lalu Klik button Buat Channel


  6. Setelah itu Klik Sesuaikan Channel


  7. Lalu Klik Lanjutkan, Lalu pilih tab Info Dasar. Tuliskan deskripsi Channel Contoh berikut : 





  8. Tarik ke bawah sebelum klik tombol publikasikan, kita bisa menambahkan alamat website kita jika ada dan alamat email. lalu silahkan klik Publikasikan. Channel berhasil dibuat
  9. Lanjutan kita bisa menambahkan juga Fitur Branding Seperti ini klik Tab Branding 
    Silahkan Siapkan Foto dan Gambar Banner dan Watermark Vidio untuk tampillan halaman beranda youtebenya menjadi lebih keren. Lalu Klik Publikasikan 



  10. Kemudian terakhir klik Lihat Channelmaka Channel Youtube kita berhasil kita buat. Klik Tab Tentang.


C. Mengelolah Channel YouTube Dunia Pendidikan Guru dan Dosen

Setelah berhasil membuat channel youtube khususnya guru dan dosen bidang pendidikan langkah selanjutnya bagaimana cara mengelolah channel seperti membuat playlist konten pembelajaran, mengupload konten video pembelajaran dan lain-lain. 

Adapun langkah-langkahnya untuk mengelolah channel youtebe tersebut khusus guru dan dosen, yaitu Pada Halaman Beranda Channel Anda Silahkan Klik Button Kelola Video atau klik Icon Profil Anda sebelah kanan atas pilih  dan klik Youtbe Studio, maka tampil seperti ini


a. Membuat Playlist Konten Youtube Guru dan Dosen
Pertama yang perlu dibuat ada baiknya sebelum upload video pembelajaran misalnya, terlebih dahulu kita atur manajemen playlist konten-konten video apa yang yang akan kita upload boleh spesifik dan boleh umum seputar pendidikan khusus guru dan dosen. Cara nya sebagai berikut :
  1. Klik Tab Playlist pada Youtube Studio kita, lalu klik Playlist Baru
     

  2. Lalu Tambahkan Playlist Baru caranya seperti gambar ini.


  3. Setelah selesai selanjutnya silahkan tambahkan kembali Playlist Baru yang kira-kira ingin dibuat sesuai keinginan seputar pendidikan, misalkan seperti ini, dll



  4. Selesai pembuatan Playlist konten video kita, setelah itu kita bisa Upload  Video sesuai kategori Playlist tersebut.
b. Mengupload Konten Video YouTubu Guru dan Dosen
Setelah kita berhasil membuat daftar pada halaman Playlist youtube, selanjutnya saatnya kita mencoba memupload video-video pembelajaran dan hal terkait pendidikan lainnya di channel Youtube kita. caranya sangat mudah sekali silahkan bapak/ibu/sahabat semua Guru dan Dosen siapkan Videonya terlebih dahulu. Untuk Teknik pembuatan video pembelajaran dan hal terkait lainya seputar dunia pendidikan Guru dan Dosen dilain kemsempatan edisi lainnya. Sekarang kita coba saja Upload video-video yang ada, bisa dari tutorial rekaman dari kamera smarphone langsung atau dari recorrd screen destop laptop kita. 
Contoh:
Upload Video pembelajaran untuk mahasiswa matakuliah Basis Data, langka-langkanya yaitu:
  1. Silahkan pada beranda channel youtube masing-masing Guru dan Dosen klik lcon Buat lalu Upload Video atau Kelolah Video



  2. Setelah itu akan tampil halaman Tap Konten Upload Video, silahkan klik Pilih Video dan cari lokasi video yang akan kita Upload.


  3. Sambil Menunggu Upload selesai 100%, Silahkan isi Judul dan Deskripsi videonya secara detail 


  4. Selanjutnya Scrol kebwah sebelum klik Button BerikutnyaTambah Thumnail (untuk menbahkan Thumnail supaya tampilan awal video lebih menarik dan durasi vidoe lebih dari 15 meni, pihak Youtube mintak varifikasi menggunakan No Hanpone terlebih dahulu ketika pertama kali kita Upload Video)


  5. Pilih Playlist video yang telah dibuat sebelumnya sesuaikan dengan kategori yang diinginkan, Penoton disesuikan saja, 
  6. lalu klik Tampilan Lebih Banyak, Tambahkan Tag (kata kunci pencarian) da pada Komentar pilih Izinkan Semua Komentar (supaya jika ada peserta didik bertnya/diskusi bisa chat kolom kementar video), lalu klik Berikutnya sampai muncul seperti ini, lalu pilih Publik dan Publikasikan.

  7. Copy Link Videonya untuk disharekan lalu Tutup atau bisa klik icon lihat Video


  8. Selesai, Selamat mencoba Semoga Berhasil.




 
Tonton cara mudah membuat channel nya, dibawah ini !

Demikianlah Cara Mudah Membangun dan Mengelolah Channel Pendidikan di Youtube bagi  Guru dan Dosen Era Digital saat ini. Tetap Semangat, Kreatif dan Inovatif menghadapi tantangan saat ini.
Semoga Manfaat Sukses dan Sehat Selalu. Salam dan selamat mencoba bapak/ibu/sahabat Cerita Dosen semua.


Penulis: Efitra, M.Kom (Dosen Sistem Informasi UIN Jambi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama