Informasi 10 Kampus Program Doktor Studi S3 Ilmu Komputer di Indonesia

Anda ingin melanjutkan kuliah S3 khusus bidang keahlian ilmu komputer seperti program sistem informasi teknik informatika dan ilmu komputer terkait lainnya. silahkan simak artikel berikut.

Penyelenggaran Program Doktor (S3) Ilmu Komputer saat ini masih tergolong langkah untuk bidang keilmuan ini khususnya di kampus-kampus di Indonesia. Berita baik untuk Bapak/Ibu/Sahabat yang saat ini ingin mencari kampus program S3 bidang Ilmu Komputer untuk studi lanjutnya,  inilah informasi lengkap serta alamat resmi website kampus-kampus tersebut.

Program Doktor (S3) yang kita ketahui pada umumnya adalah merupakan lanjutan pendidikan formal setelah menempuh pendidikan dan menyelasaikan studi S1 dan S2. Di Indonesia khususnya program Doktor (S3) studi Ilmu Komputer sudah ada 10 kampus yang telah menyelenggarakan program tersebut. 



Berikut ini adalah informasi seputar kampus-kampus yang menyelenggarakan program Doktor (S3) Studi Ilmu Komputer yang ada di Indonesia, yaitu:

  1. Universitas Indonesia - Ilmu Komputer
    UI telah menyelangarakan program S3 bidang Ilmu Komputer. Program studi Doktor Ilmu Komputer dapat diselesaikan minimal dalam 6 semester dan maksimal dalam 10 semester.
    Link Website
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM) - Ilmu Komputer
    UGM saat ini telah menyelanggarakan program S3 bidang Ilmu Komputer. Program Doktor Ilmu Komputer di Universitas ini harus menyelesaikan beban sebesar minimal 46 sks, yang meliputi disertasi, matakuliah wajib dan matakuliah pilihan prodi.
    Link Website
  3. Universitas Sumatera Utara (USU) - Ilmu Komputer
    USU juga saat ini  telah menyelanggarakan program S3 bidang Ilmu Komputer. Kurikulum program studi Doktor dapat terstruktur atau tidak terstruktur. Kurikulum terstruktur ialah kurikulum yang mencantumkan selain tugas penelitian dan penulisan disertasi/bentuk lain penyajian hasil penelitian, tugas seminar/kolokium, juga menetapkan jumlah kredit dan jenis mata kuliah yang harus diselesaikan oleh mahasiswa untuk lulus program Doktor. 
    Link Website
  4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) - Teknik Informatika
    ITS telah menyelanggarakan program S3 studi Ilmu Komputer bidang Teknik Informatika. Program Studi Doktor Ilmu Komputer dilaksanakan dalam waktu 6 semester (3 tahun), dengan beban kredit total 42 sks. Kalender akademik semester I dimulai awal September, sementara semester II dimulai awal Februari dan berakhir Juni. Pendaftaran dilakukan pada semester ganjil. 
    Link Website
  5. Universitas Gunadarma - Teknologi Informasi
    Kampus Gunadarma telah menyelengarakan program S3 Ilmu Komputer bidang Teknologi Informasi. Program Doktor Ilmu Komputer bidang Teknologi Informasi  Universitas Gunadarma diselenggara-kan dengan Sistem Kredit Semester (SKS). Setiap mahasiswa diwajibkan menempuh 46 sks termasuk Penelitian Disertasi.
    Link Website
  6. Universitas Bina Nusantara (BINUS) – Ilmu Komputer 
    Binus menyelenggarakn program S3 Ilmu Komputer konsetrasi Sistem Informasi. Program Studi DCS menawarkan konsentrasi Sistem Informasi dan Ilmu Komputer yang dirancang untuk diselesaikan dengan 45 SKS termasuk disertasi dalam 6 (Enam) semester.
    Link Website
  7. Institut Teknologi Bandung (ITB) – Teknik Elektro dan Informatika
    ITB juga ada program terkait Ilmu Komputer Bidang teknik Elektro dan Informatika. Program Doktor ini dapat diselesaikan dalam 6 semester atau 3 tahun.
    Link Website
  8. Universitas Pertanian Bogor (IPB) - Ilmu Komputer
    UPB juga ada program S3 Ilmu Komputer.Mengembangkan teori dan/atau metode di bidang ilmu komputer yang orisinil, inovatif dan baru, serta aplikasinya di berbagai bidang khususnya pertanian, kelautan, dan biosains tropika melalui kegiatan pendidikan dan penelitian.
    Link website
  9. Universitas Putra Indonesia YPTK Padang - Teknologi Informasi
    UPI YPTK Padang juga baru ini juga telah menyelenggarakan program S3 Ilmu Komputer bidang Teknologi Informasi. 
    Link Website
  10. Universitas Diponegoro (UNDIP) - Sistem Informasi
    Program Studi (Prodi) Doktor Sistem Informasi (DSI) yang diselenggarakan Universitas Diponegoro (UNDIP) menjadi program satu-satunya saat ini dan yang pertama di Indonesia. Program DSI yang mulai menerima mahasiswa pada Tahun Akademik 2020/2021 perdana.
    Link Website 

Demikian Infomasi mengenai 10 Kampus terkait iformasi tempat kuliah program Doktor (S3) Ilmu Komputer yang ada di Indonesia. Semoga manfaat dan selamat mencoba.

By. Efitra

Lebih baru Lebih lama