Praktis dan Aman, SSD Portabel Terkini Teknologi Transfer Data Tercepat Kapasitas Penyimpanan Sangat Besar

Teknologi semakin hari samakin canggih, membuat semuanya menjadi mudah. Salah satu teknologi terbaru yaitu teknologi dalam penyimpanan data portabel menggunakan SSD terbaru . SSD sering digunakan sebagai media penyimpanan utama dengan tingkat kemampuan membaca dan menulis data yang cepat. 

Kini hadir SSD Enclosure 3.1 dengan 2 versi, yaitu USB 3.1. Gen 1 dan USB 3.1 Gen 2. Perbedaan versi ini terletak pada kecepatannya. Tentunya hal ini membuat para pengguna teknologi memiliki kesempatan yang lebih besar dan aman dalam menyimpan data ataupun informasi dalam kapasitas yang besar. 

Gambar : USB 3.1 GeN 2 interface, transmission Speed up to 10Gbps

Praktis dan Aman, SSD Ekternal USB Drive Portabel Teknologi Transfer Data Tercepat Kapasitas Besar, berikut penjelasan dan informasinya :

1. Kemudahan 

Hadirnya SSD Eksternal USB 3.1 ini memberikan kemudahan untuk menyimpan data digital agar lebih aman. USB ini juga memiliki kapasitas hinggap 2 TB, tentu dapat digunakan untuk menyimpan data ataupun informasi dalam jumlah yang banyak. Penggunaan USB 3.1 ini juga cocok digunakan untuk segala kebutuhan penyimpanan, baik tugas kuliah ataupun pekerjaan. Karena ukurannya yang kecil, SSD pun bisa dibawa dengan mudah. 

2. Kecepatan

Para pengguna teknologi juga menilai media penyimpanan yang digunakan dari segi kecepatannya. Karena selain mudah, mereka juga butuh media penyimpanan yang mempunyai kecepatan tinggi untuk menampung data dalam jumlah banyak. 

SSD Eksternal USB 3.1 ini memiliki kecepatan yang berbeda antara USB 3.1 Gen 1 dan USB 3.1 Gen 2. Pada USB Gen 1 memiliki kecepatan hingga 5Gbit/detik, sedangkan pada USB 3.1 Gen 2 memiliki kecepatan hingga 10Gbit/detik. Nah, dengan kecepatan yang tinggi akan mempercepat proses pekerjaan mereka.




Gambar: Support System Inteligent Device

3. Keamanan

Selain memilih dari segi kecepatan, para pengguna  juga memikirkan tingkat keamanan dari data yang mereka miliki. Hal ini sangatlah penting. Karena selain dalam jumlah yang besar, data-data yang mereka miliki tentunya mempunyai privasi dan hal-hal penting yang mungkin tidak boleh dilihat oleh sembarang orang. Sehingga dibutuhkan media penyimpanan data yang aman. Pada USB 3.1 selain memiliki kapasitas yang besar, juga memiliki keamanan yang cukup memadai. 

4. Kapasitas Penyimpanan

Ketika sebuah instansi ataupun organisasi mempunyai hasil kegiatan, laporan, proposal, dokumentasi dan sejenis dokumen penting lainnya, mereka membutuhkan media penyimpanan den okgan kapasitas yang besar dan bisa menampung seluruh data digital yang mereka miliki. Nah, USB 3.1 ini menjadi solusi untuk menyimpan data digital tersebut. Kapasitas yang dimiliki mencapai 2 TB. Tentunya dapat digunakan untuk menyimpan file dalam jumlah yang besar.

5. Harga

"Ada kualitas ada harga." Ya, sebutan itulah yang cocok dengan SSD USB 3.1 ini. Dengan kapasitas yang mencapai 2 TB, harga yang ditawarkan mulai dari 500 rb ke atas hingga jutaan rupiah. Sesuai dengan kapasitas yang ditawarkan, harganya juga semakin mantap.


            
Gambar : Superior Heat Dissipation

6. Manfaat 

Dengan memperhatikan dan memahami kriteria dari USB 3.1 akan mempermudah urusan kita untuk menyimpan file dalam jumlah yang besar. Maka tidak perlu khawatir mengenai keamanan juga kapasitas penyimpanannya. Karena USB 3.1 hadir dengan versi yang menarik.

Untuk kinerja optimal dalam mentransfer file, gunakan port/kabel USB 3.1 Gen 2 atau port/kabel Thunderbolt 3. Kecepatan transfer berdasarkan data internal menggunakan mode UASP dan BOT. Laju kecepatan port/kabel USB 3.1 Gen 2 yaitu 10Gb/detik sedangkan pada port/kabel Thunderbolt ™ 3 hingga 40Gb/detik. Dengan laju kecepatan ini, tentunya akan membuat kinerja semakin optimal. 

               Gambar : NYK(Mm2 NVME SSD Enclosure)

Port/kabel Thunderbolt 3 lebih disarankan untuk digunakan agar kinerja optimal, karena memiliki laju kecepatan hingga 40Gb/detik. Port/kabel ini juga memiliki beberapa fitur unik dan lebih menarik dibandingkan port/kabel Thunderbolt 1 dan 2. Salah satu keunikannya yaitu memiliki kemampuan mengisi daya.

Kesimpulan

Dimasa perkembangan teknologi yang semakin pesat, SSD 3.1 hadir memberikan kemudahan sebagai media penyimpanan yang mempunyai kapasitas serta laju kecepatan yang memungkinkan untuk kinerja yang optimal. Selain penyimpanan yang memadai, untuk menunjang kinerja dalam proses transfer data port/kabel Thunderbolt juga memberikan kemudahan dengan keunikannya yaitu kecepatannya hingga 40Gb/detik. Sehingga, saat ini para pengguna teknologi memiliki media-media yang sangat menunjang proses kinerjanya.


Penulis : Sri Rejeki (Mahasiswi Prodi Sistem Informasi UIN Jambi)

Sri Rejeki

Semoga Bermanfaat :)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama